Bawa Pulang Produk KANA Pilihan Raffi dan Nagita

tips & trik

Sentuhan Elegan dengan Veneer Kayu, Fakta Veneer Kayu yang Wajib Kamu Tahu!

21 Mei 2024

21 . 05 . 2024 / Oleh Content Writer KANA

Hunian yang elegan tentu dapat langsung dirasakan melalui pengalaman visual saat pertama kali memasukinya. Detail seperti pemilihan furnitur, warna, dan pencahayaan memainkan peran yang penting. Tidak hanya melalui estetika visual, elegansi juga bisa dirasakan lewat sentuhan. Misalnya, veneer kayu pada furnitur yang menghadirkan keindahan alami yang dapat dirasakan melalui tekstur kayu yang halus, akan menambahkan kesan mewah pada ruangan.

Veneer kayu adalah lembaran kayu yang berasal dari kayu gelondongan dan memiliki ketebalan mulai dari 0.24 mm sampai 3 mm. Secara umum, veneer biasa digunakan sebagai material finishing, sebagai pengganti HPL, hingga pelapis lantai parket. 

Jenis-Jenis Veneer Kayu

Meskipun berasal dari material alami, veneer kayu tentu telah melalui proses pengolahan hingga menghasilkan berbagai jenis dengan karakteristik unik dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. 

RAW Veneer: Dapat juga disebut veneer kayu mentah. Mempunyai 2 sisi permukaan yang sulit dibedakan. Penggunaannya pada bidang lengkung harus hati-hati, karena veneer jenis ini mudah patah. Jenis veneer ini dapat memberikan kesan rustic jika digunakan sebagai material finishing

Paper Backed Veneer: Veneer kayu ini sudah dilapisi kertas, membuatnya lebih kuat dan fleksibel. Veneer ini juga termasuk yang mudah diaplikasikan, sehingga sering digunakan sebagai material untuk finishing interior.

Phenolic Backed Veneer: Jenis veneer kayu yang menggunakan lapisan belakang dari resin phenolic, mirip dengan bahan yang digunakan pada laminasi plastik bertekanan tinggi.  Walau jarang ditemui, veneer ini memiliki ketahanan yang lebih tinggi dan penampilan yang lebih alami, sehingga menjadikannya salah satu material veneer yang paling digemari.

Laid Up Veneer: Berbeda dari raw veneer yang bisa langsung dipakai, jenis veneer kayu ini lebih mentah, sehingga perlu menggabungkan beberapa veneer menjadi satu terlebih dahulu sebelum kemudian diaplikasikan.

Reconstituted Veneer: Veneer jenis ini dibuat dari spesies kayu tropis yang tumbuh cepat, yang kemudian diiris, diwarnai, dan direkatkan menjadi blok yang kemudian diiris lagi menjadi lembaran veneer. Proses ini memungkinkan penampilan yang konsisten dan seragam, menjadikannya alternatif yang ramah lingkungan dan hemat biaya jika menggunakan spesies kayu yang langka atau eksotis.

Keunggulan Veneer Kayu

Selain corak dan teksturnya yang terlihat lebih alami karena pola serat kayu yang unik dan elegan, veneer kayu juga merupakan material yang stabil. Berbeda dengan kayu solid yang sering kali melengkung atau pun retak akibat kondisi lingkungan sekitarnya, veneer kayu tidak mengalami permasalah tersebut. Proses pengaplikasian lem pada veneer cenderung menghasilkan rekatan yang kuat. Selain itu, harga veneer kayu relatif lebih terjangkau tanpa perbedaan signifikan jika dibandingkan dengan kayu solid. Hal ini juga dapat menjadi alasan mengapa veneer kayu menjadi pilihan yang lebih ramah lingkungan, karena sebatang kayu solid dapat menjadi beberapa lembaran veneer kayu. Hal ini dapat menjadikannya alternatif yang baik untuk mendapatkan keindahan alami dari kayu.

Veneer kayu sendiri merupakan jenis material yang fleksibel karena sering digunakan dengan teknik moulding pattern pada permukaan suatu bahan furnitur, aksesoris, atau pun kerajinan tangan yang memiliki pola yang kompleks untuk meningkatkan detail dekoratif dan juga estetika.

Perawatan Veneer Kayu

Meskipun veneer kayu memiliki daya tahan yang baik, perawatan tetaplah diperlukan. Bersihkan debu dan kotoran secara rutin dengan kain lembut yang lembap. Letakkan produk veneer kayu di area yang tidak terkena sinar matahari langsung untuk mencegah pemudaran warna atau kamu bisa menggunakan gorden sebagai penghalang. Gunakan alas kain atau busa di bawah benda yang ditempatkan di atas permukaan veneer untuk mencegah goresan dan kerusakan akibat panas. Pengaplikasian lapisan tambahan anti rayap dan jamur juga masih diperlukan untuk mencegah kerusakan pada veneer kayu. 

Itu dia beberapa hal mengenai veneer kayu yang khusus Minka rangkum untuk kamu. Kalau kamu tertarik dan tengah mempertimbangkan menggunakan veneer kayu pada furniturmu, kamu dapat menghubungi KANA, karena kami menyediakan berbagai macam jenis veneer kayu yang cocok sebagai elemen penyempurna dalam hunianmu.

Source:

https://crona.id/mengenal-veneer-kayu-dan-beberapa-jenisnya/ 

 

Artikel Terkait

Baca Artikel Lainnya
Need design advice or customer service help?
0
    Your Cart: 0 items
    Your cart is emptyReturn to Shop